Bersama dalam Islam

JKD Upayakan Profesionalitas Layanan Memodel ISO 9001:2015

0

Bertempat di kantor Sekretariat JKD komplek Balai Dakwah Jakarta (19/08/16), JKD mengadakan training manajemen dengan standar Manajemen Mutu ISO 9001 versi terbaru, 2015. JKD menghadirkan narasumber ustadz Yazid Abdul Alim, Lc. direktur Kafila International Islamic School (KIIS) Kramat Jati Jakarta Timur yang sudah berpengalaman menerapkan standar ISO di sekolahnya. Pada training ini, ustadz Yazid memaparkan sistem manajemen mutu ISO 9001 versi 2008 sekaligus versi terbaru, 2015. Menurutnya, ada sedikit perbedaan dan perbaikan pada ISO versi 2015 dibanding versi 2008.

Adalah adsurd ketika kita menginginkan hasil berbeda namun masih melakukan cara-cara lama. Melalui training ini, JKD mengupayakan peningkatan profesionalitas layanan ummat. Sehingga layanan sosial-dakwah JKD memiliki standart mutu yang baku, terukur dan terstruktur. Outputnya adalah kepuasan ummat. Sebagaimana pepatah, “Jika anda ingin menyelesaikan pekerjaan dengan kulitas terbaik (hasil lebih baik, waktu lebih cepat), maka berlelah-lelahlah ‘mempelajari cara mengerjakan’ pekerjaan tersebut.”

Meski training ini masih tahap awal yaitu berupa pengenalan dan pembentukan paradigma mengenai sistem manajemen, namun ini adalah permulaan yang baik. Terlebih JKD adalah lembaga sosial-dakwah dengan inti (core) layanan dan pemberdayaan ummat. Ust. Yazid mengibaratkan sistem manajemen mutu ISO seperti kendaraan yang bisa dinaiki agar lebih cepat mencapai tujuan. Selain itu, ISO berperan mengawal lembaga mencapai target serta membuat sistem standarisasi mutu layanan. Diantara siklusnya adalah pengukuran, analisa dan peningkatan.

Sebagaimana visinya, JKD memiliki cita-cita menjadi paguyuban dakwah yang solid bagi keluarga muslim. Paguyuban ini dirancang untuk saling berbagi ilmu dan solidaritas sesama anggota dalam rangka membumikan Islam. Sementara tahap-tahap untuk mencapainya dengan membentuk, menguatkan serta memberdayakan komunitas keluarga muslim di seluruh nusantara.

Semoga Allah memudahkan usaha kita untuk terus berkontribusi memenangkan ummat melalui pilar keluarga.

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.