Bersama dalam Islam

Keutamaan Nasihat

0

Keutamaan Nasihat

Allah ta’ala berfirman

لَيْسَ عَلَى الضُّعَفَاءِ وَلَا عَلَى الْمَرْضَىٰ وَلَا عَلَى الَّذِينَ لَا يَجِدُونَ مَا يُنْفِقُونَ حَرَجٌ إِذَا نَصَحُوا لِلَّهِ وَرَسُولِهِ ۚ مَا عَلَى الْمُحْسِنِينَ مِنْ سَبِيلٍ ۚ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Tiada dosa (lantaran tidak pergi berjihad) atas orang-orang yang lemah, orang-orang yang sakit dan atas orang-orang yang tidak memperoleh apa yang akan mereka nafkahkan, apabila mereka berlaku ikhlas kepada Allah dan Rasul-Nya. Tidak ada jalan sedikitpun untuk menyalahkan orang-orang yang berbuat baik. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, (QS. At-Taubah: 91)

Bagi orang yang memiliki uzur syar’i dari kalangan orang-orang lemah, sakit dan fakir (tidak memiliki harta perbekalan untuk berjihad), mereka tidak berdosa jika tidak ikut berjihad. Itu jika mereka iklas kepada Allah dan rasul-Nya serta melaksanakan syariat-Nya.

Orang yang berbuat baik (dari kalangan orang yang terhalang uzur dari berjihad bersama Rasulullah) serta memberi nasehat dalam kebaikan, mereka tidak akan diazab dan di hukum. Allah Maha Pengampun bagi orang yang berbuat baik dan Dia menyayangi mereka.

 

Allah ta’ala berfirman

أُبَلِّغُكُمْ رِسَالَاتِ رَبِّي وَأَنَا لَكُمْ نَاصِحٌ أَمِينٌ

Aku menyampaikan amanat-amanat Tuhanku kepadamu dan aku hanyalah pemberi nasehat yang terpercaya bagimu”. (QS. Al_A’raf: 68)

Aku (Rasulullah) bertugas menyampaikan risalah kepada kalian. Karena itulah, Allah mengutusku kepada kalian. Aku menyerukan: mengesakan Allah dan melaksanakan syariat-Nya. bagi kalian adalah sebagai pemberi nasihat dan berlaku amanah terhadap wahyu Allah.

 

Hadits

Tamim Ad-Dari radhiallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda: “Agama adalah nasihat.”Kami bertanya, “Bagi siapa?” Beliau bersabda, “Bagi Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya serta bagi pemimpin kaum muslimin dan kalangan awamnya.” (HR. Muslim no 55)

 

KEUTAMAAN NASIHAT

?Orang yang memiliki uzur dari berjihad bersama Rasulullah karena menjalankan tugas untuk memberi nasihat dalam kebaikan tidak akan diazab dan dihukum Allah

?Rasulullah bagi umatnya adalah seorang pemberi nasihat dan bersikap amanah terhadap wahyu Allah

?Hakikat din islam adala nasihat.

SERI KAJIAN SHAHIH FADHILAH AMAL#16

(SHAHIH FADHILAH AMAL, Syaikh Ali bin Nayif Asy-Syuhud. Hal 65-66. Aqwam

Leave A Reply

Your email address will not be published.