Bersama dalam Islam

KEUTAMAAN RIBAT

0

KEUTAMAAN RIBAT

Hadits

Salman Radhiallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda ; “Ribath satu hari satu malam itu lebih baik daripada puasa 1 bulan dan sholat malamnya, jika ia mati maka amal yang sudah dikerjakannya atau pahalanya akan mengalir untuknya, rejekinya akan diberikan kepadanya dan (ia aman dari fitnah kubur)”. (HR. Muslim no.1913)

Hadits

Sahal bin Sa’ad Assa’di Radhiallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda : “Ribath satu hari dijalan Allah itu lebih baik daripada dunia dan seisinya. Tempat cemeti salah seorang diantara kalian di surga itu lebih baik daripada dunia dan seisinya. Waktu sore atau pagi hari yang digunakan seorang hamba berangkat (berjihad) di jalan Allah itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Bukhori no.2892, HR.Muslim No.1881)

Hadits

Fadholah bin Ubaid meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda; “Setiap orang yang meninggal ditutup amalnya, kecuali orang yang Ribath di jalan Allah. Amalnya dikembangkan untuknya sampai hari kiamat dan aman dari fitnah kubur. (HR. Abu Daud no 2500 & Tirmidzi no 1621)

Keutamaan Ribath atau berjaga-jaga di jalan Allah

?Ribath sehari semalam di jalan Allah lebih baik daripada saum sebulan dan sholat malannya.

? Ribath sehari di jalan Allah lebih baik daripada dunia dan seisinya.

? Amal orang yang Ribath di jalan Allah dikembangkan sampai hari kiamat dan ia aman dari fitnah kubur.

SERI KAJIAN SHAHIH FADHILLAH AMAL#22

(Shahih Fadhillah Amal, Syaikh Ali bin Nayif Asy-Syuhud, hal 89 – 90, Aqwam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.